(KOMPLIT) CARA FLASHING OPPO R1001 YANG CUMA TAMPIL LOGO DAN TIDAK MASUK KE MENU

Kesal dengan hp tiba-tiba tidak muncul menu atau tidak masuk ke menu saat dihidupkan ulang hanya logo OPPO yang tampil. Jangan khawatir, harap bersabar dan cobalah melakukan perbaikan hp dengan sendiri sebelum berniat untuk memperbaiki di tempat perbaikan atau service handphone.

Pada artikel kali ini saya mencoba membantu para pembaca dan pengunjung blog tokegratis ini dalam mengatasi permasalahan pada hp OPPO R1001 yang permasalahannya mengalami gagal booting atau biasa disebut hp tidak masuk menu dan hp hanya muncul logo.


Bagi yang sedang mengalami permasalahan pada hp yang penyakitnya hp error blank, dapat mencoba tips pada link ini, silahkan dipelajari dan selamat mencoba.

Ok, kita masuk pada topik inti Cara Flashing OPPO R1001 Yang Cuma Tampil Logo dan Tidak Masuk Ke Menu.

Persiapan Sebelum Flashing
  • Matikan Hp terlebih dahulu
  • Cabut kartu memory (SD Card)
  • Sisakan isi baterai sebanyak 50%

Persiapan Hardware
  • Kabel data usahakan yang asli bawaan dari hp OPPO
  • Laptop/komputer untuk perangkat Flashing tentunya
  • OS Windows yang digunakan Windows 7, Windows XP dan Windows Vista, 32 & 64 bit, untuk Windows 8 dan Windows 10 silahkan dicoba saja, siapa tahu bisa :)
Persiapan Software, silahkan download terlebih dahulu;

Jika tiga poin persiapan diatas sudah disiapkan, sekarang masuk pada tahap pengamanan software agar program flashingnya bisa berfungsi, caranya;
  • Hasil download SP Flash Tool, Firmware Oppo R1001 dan MTK USB Driver VCOM ditempatkan dalam satu folder, misal namanya "Flash OPPO" atau terserah nama folder yang mau dibuat.
  • Extract 3 file tersebut.
Ok, persiapan file tool sudah diakomodir, sekarang masuk tahap install Tool Flash. Mari kita coba...
  1. Buka folder MTK USB Driver VCOM
  2. Klik kanan InstallDriver dan Run As Administrator
  3. Lalu lanjut klik kanan installdrv64 juga Run as Administrator
  4. Buka lagi folder SP_Flash_Tool_v5.1452_Win dan buka lagi folder SP_Flash_Tool_v5.1452
  5. Lalu klik kanan flash_tool Run as Administrator
  6. Jika Program Smart Phone Flash Tool sudah terbuka, sekarang klik tombol Scatter-loading
  7. Lalu pada kotak yang terbuka, arahkan ke folder File firmware Oppo joy R1001 Flashtool dan pilih file MT6572_Android_scatter_emmc dan klik Open
  8. Proses load firmware OPPO R1001 sudah siap, sekarang masuk ke tahap Flashing HP dan simak baik-baik alur berikut ini.

PROSES FLASHING HP SMART PHONE ANDROID OPPO R1001

PERCOBAAN PERTAMA STATUS "Download Only"
  1. Pada Program Smart Phone Flash Tool kita coba dulu pada tatus Download Only kemudian silahkan tekan tombol Download Panah Hijau 
  2. Jika sudah, sekarang pegang Hp anda dengan tangan kiri
  3. Tekan dan tahan tombol Volume naik pada Hp anda dan jangan dilepas sampai Hp menyala.
  4. Ambil kabel data dan pasangkan ke Hp
  5. Tunggu Hp menyala dan bergetar (biasanya akan ada bunyi "beep" setelah hp menyala)
  6. Kembali pada Program Smart Phone Flash Tool, lihat apakah Flashingnya berjalan? Flashing berjalan ditandai dengan Warna Kuning dan status Download Flash % seperti gambar dibawah 
  7. Kemudian pada Hp otomatis akan masuk ke menu Factory Mode
  8. Jika Flashing tidak berjalan, tekan STOP pada Smart Phone Flash Tool dan copot kabel data dan matikan Hp kemudian ulangi dari nomor 1 diatas pada Percobaan Status Download Only
  9. Jika masih tidak ada perubahan, tekan STOP pada Smart Phone Flash Tool dan copot kabel data dan matikan lagi Hp anda lalu sekarang kita coba lagi untuk Percobaan Kedua.
PERCOBAAN KEDUA STATUS "Firmware Upgrade"
  1. Pada Program Smart Phone Flash Tool, dari Status Download Only kita ubah ke Firmware Upgrade seperti gambar ini yang dilingkari garis warna orange 
  2. Setelah dipilih Firmware Upgrade, kemudian tekan tombol Download Panah Hijau
  3. Pada Hp yang anda pegang, tekan dan tahan Volume naiknya
  4. Pasang kabel datanya ke Hp
  5. Tunggu Hp menyala dan bergetar
  6. Lihat kembali pada Program Smart Phone Flash Tool, apakah berjalan proses Flashingnya? jika flashingnya berjalan Hp akan otomatis masuk ke menu Factory Mode dan berbunyi beeep, bukan masuk ke menu yang tulisannya bahasa cina.
    lalu tunggu saja sampai Download Flash 100% pada Program Smart Phone Flash Tool dan akan muncul kotak dialog bahwa Download Ok dan Flashing selesai di lakukan seperti gambar ini
  7. Tutup kotak dialog tersebut dan tutup Program Smart Phone Flash Tool dengan klik File dan pilih exit pada pojok kiri atas.
  8. Setelah itu HP OPPO R1001 anda akan muncul logo OPPO setelah melewati proses pada menu Factory Mode tadi dan tunggu saja sampai nanti masuk ke menu USB settings dan sentuh dibagian luar menu USB settings tersebut
    dan akan tampil logo OPPO warna hijau dengan latar dibelakangnya gambar peta benua Eropa dan Afrika dan tekan tanda panah untuk masuk ke pengaturan Bahasa.
  9. Setelah itu silahkan atur bahasa, wilayah, wifi, akun, privasi, sampai pada proses terakhir.
  10. HP OPPO R1001 anda selesai di Flashing dan Hp siap digunakan kembali seperti biasanya.
Bagi anda ingin mempelajari dalam versi video disini saya sertakan video prakteknya di Channel Youtube, silahkan disimak dan ditonton dengan teliliti dari awal sampai akhir video dan jangan lompati bagian-bagian video agar prakteknya sesuai dengan yang diharapkan. Silahkan Subscribe Channelnya, Gratis Videonya, dan Like jika suka dan jangan DisLike kalau gak suka ya :) dan bagikan videonya ke Grub Sosmed kalian, siapa tahu ada seseorang yang butuh karena sedang mengalami masalah pada hp oppo R1001 mereka. Terimakasih.

VIDEO (KOMPLIT) CARA FLASHING OPPO R1001 YANG CUMA TAMPIL LOGO DAN TIDAK MASUK KE MENU

Kegagalan dalam usaha itu sudah menjadi lumrah, kita manusia tetap coba terus mencoba usaha tersebut dan tak kenal lelah. Kesabaran dalam bertindak serta doa pada yang kuasa agar yang kita lakukan dapat dipermudahNYA.


Semoga bermanfaat bagi pembacanya dan bisa berbagi ilmu ke sesama.
Bagikan artikel ini jika ada seseorang teman/kawan/keluarga sahabat yang sedang mengalami permasalahan pada Hp OPPO R1001 mereka dan terbantu dengan mengurangi pengeluaran biaya.

Silahkan tulis komentar bila ada yang tidak dimengerti.

0 Response to "(KOMPLIT) CARA FLASHING OPPO R1001 YANG CUMA TAMPIL LOGO DAN TIDAK MASUK KE MENU"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Jika ada yang Ingin Ditanyakan
> Berikan Masukan yang Positif dan Bermanfaat
> Hindari Kalimat Kata yang tidak Sopan
> No Spam or Junk Link
> Laporkan bila terdapat Link / Gambar yang Rusak/Error
> Terimakasih atas Masukan Anda