VPN OpenVpn Cara Install dan Menggunakannya [FULL]

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah tool perantara yang digunakan para internetter untuk mengakali atau membuka situs yang diblokir ip addressnya dan tidak bisa mengakses situs/website tersebut dengan alasan keamanan, situs dewasa dll. IP address ini sendiri berasal dari operator provider yang kita gunakan, baik speedy telkom, biznet, bolt, telkomsel dan operator provider penyedia jasa layanan telekomunikasi internet lainnya.

Perlu diketahui, situs yang tidak bisa dibuka itu dikarenakan adanya pemblokiran ip address lokal yang kita gunakan, dengan beberapa alasan seperti diatas. Contoh kasus, kita ingin membuka situs luar negeri, ip address yang kita gunakan ip indonesia, lalu kita coba buka situs tersebut dan tampilan browser mengatakan situs tidak dapat diakses karena 

Dari beberapa banyak cara membuka situs yang diblokir dan website yang ada di internet, salah satunya dengan menggunakan vpn di komputer laptop hp. Lantas bagaimana langkah-langkahnya agar bisa membuka situs yang diblokir menggunakan vpn openvpn ? Ikuti cara lengkapnya dibawah ini.

I. Cara Install VPN OpenVPN (download tool OpenVPN di akhir postingan)

  1. Doble klik file openvpn-install.exe, klik "next" kemudian klik "I Agree" 
  2. Centang kotak pada tulisan "OpenVPN RSA Certificate Management Scripts" dan "OpenSSL Utilities" kemudian klik "Next" dan klik "Install" 
  3. Tunggu proses instalan sampai muncul tulisan Complete lalu klik "Next" kemudian centang pada kotak "Start OpenVPN GUI" dan klik "Finish" 
  4. Proses install selesai, sekarang arahkan mouse ke pojok kanan paling bawah, lihat disitu muncul icon warna abu-abu seperti TV digembok, itu artinya OpenVPN belum aktif/dijalankan (running) dan tahap selanjutnyakita siapkan akun menjalankan VPN nya.
II. Cara Membuat Akun VPN

Ada banyak situs yang menyediakan layanan akun VPN baik VPN Premium (berbayar) maupun akun VPN Free (gratis). Ada yang gratis kenapa bayar,,,kan begitu? Tapi antara Free dan Premium tentunya punya perbandingan fiture yang sangat berbeda dari segi privasi dan kemanan. 

Apakah VPN free tidak aman ? jawabannya aman, selagi kita membuat akun VPN nya kita digunakan untuk hal-hal yang tidak berbahaya. 

Untuk membuat akun VPN, silahkan pilih cara dibawah ini ;
VPN Free Akun Trial
Cara Mendaftar VPN Gratis 3 Hari di VyprVPN (Premium)
> Cara Membuat Akun VPN (Tutorial yang di Rekomendasikan)

atau lanjut tahap menggunakan OpenVPN jika sudah punya akun vpn tersendiri.


III. Cara Setting dan Menggunakan OpenVPN di Laptop/ Komputer

  1. Pastikan config OpenVpn sudah berada dalam folder config atau copykan dulu dan diletakkan pada folder config instalan OpenVPN yaitu C ➧ Program Files (x86) ➧ OpenVPN ➧ config 
  2. Buka icon OpenVPN dipojok kanan paling bawah, kalau belum muncul, buka dulu dari Start Menu pilih Open VPN 
  3. Setelah itu klik kanan icon OpenVPN tersebut dan arahkan ke nama config yang akan dipakai kemudian pilih connect 
  4. Setelah klik konek akan muncul kotak untuk pengisian Username dan Password, silahkan diisi username dan password dari akun VPN yang sudah dibuatkan, selesainya klik konek dan tunggu proses connecting VPN selesai dan akan muncul pemberitahuan dipojok kanan bawah vpn server ... is now connected dan icon OpenVPN GUI berwarna hijau, itu tandanya VPN sudah aktif dan bisa digunakan untuk surfing internet.
  5. VPN sudah aktif artinya IP address yang digunakan berasal dari VPN tersebut, untuk memastikan IP sudah berubah dari sebelum dan sesudah menggunakan VPN, bisa dilihat di situs ini ➽ Cek IP Address 
  6. Setelah dipastikan IP nya, sekarang silahkan tes buka situs yang diblokir tadi, apakah bisa terbuka ? jika bisa, berarti cara - cara diatas berhasil diikuti dengan teliti, kalau masih belum bisa dibuka, coba cek situs website tersebut up atau down, makanya website itu benar-benar tidak bisa dibuka alias tidak diaktifkan oleh yang punya website.
  7. Untuk cara cek website up atau down, bisa langsung coba artikel Cara Cek Website Up or Down pilih salah satu layanan website yang ingin dipakai untuk cek websitenya.
Itulah Artikel VPN OpenVpn Cara Install dan Menggunakannya [FULL] , semoga bisa membantu para pembaca yang membutuhkannya.




0 Response to "VPN OpenVpn Cara Install dan Menggunakannya [FULL]"

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Jika ada yang Ingin Ditanyakan
> Berikan Masukan yang Positif dan Bermanfaat
> Hindari Kalimat Kata yang tidak Sopan
> No Spam or Junk Link
> Laporkan bila terdapat Link / Gambar yang Rusak/Error
> Terimakasih atas Masukan Anda